Analisis SWOT adalah
suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan.
Analisis SWOT pada suatu pembenihan ikan didasarkan pada asumsi bahwa strategi
yang efektif adalah dengan memaksimalkan kekuatan(Strengths) dan peluang
(Opportunities), serta meminimalkan kelemahan(Weaknesses) dan ancaman
(Threats). Untuk menentukan strategi yang terbaik dilakukan, pembobotan
terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan.
Analisis SWOT digunakan
untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha
pembenihan ikan sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT dapat menentukan
strategi pengembangan usaha pembenihan ikan dalam jangka panjang sehingga arah
tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan
secara cepat.
Analisis SWOT dilakukan
dengan mewawancarai pembudidaya pembenihan ikan dengan menggunakan kuisioner.
Hal-hal yang perlu diwawancarai seperti, aspek sosila, ekonomi, dan tekhnik
pembenihan ikan untuk mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang
memengaruhi keberhasilan usaha pembenihan ikan.
Analisis
SWOT
Kekuatan (S)
|
Kelemahan (W)
|
Peluang (O)
|
Ancaman (T)
|
Tersedianya berbagai jenis variasi produk
penjualan.
|
Belum
tersedianya perkembangan usaha mengenai pembenihan ikan nilai.
|
Adanya
perluasan kesempatan kerja.
|
Harga
produk/benih ikan yang masih belum stabil.
|
Kualitas produk penjualan yang tinggi.
|
Belum
terlalu banyak pengalaman dalam budidaya, sehingga perlu untuk memperluas dan
menggali lebih banyak pengalaman.
|
Peningkatan
pendapatan terhadap pemasaran ikan nila.
|
Harga
pakan ikan nila setiap tahunnya terus meningkat.
|
Kemasan yang menarik, sehingga daya minat
masyarakat meningkat.
|
Belum
optimalnya pemasaran mengenai ikan nila.
|
Permintaan
akan ikan nila dipasaran yang tinggi.
|
Adanya
hama penyakit yang menyerang kesehatan ikan nila.
|
-
|
Modal
terbatas.
|
-
|
Sisa
pakan yang menyebabkan kematian ikan nila.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar